01Peringatan akan kegagalan Tomas dalam kepercayaannya kepada Tuhan bagi mereka yang ingin menyambut kedatangan Tuhan kembali pada akhir zaman

Alkitab mencatat bahwa Tomas tidak memiliki kepercayaan kepada Tuhan sampai dia melihat Tuhan, dan dengan demikian dia ditegur oleh Tuhan Yesus: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya: diberkatilah mereka yang tidak melihat, namun percaya" (Yohanes 20:29). Peringatan apa yang terdapat dalam perkataan Tuhan Yesus ini bagi mereka yang ingin menyambut kedatangan Tuhan pada akhir zaman? Banyak orang berpegang teguh pada nubuat bahwa Tuhan akan datang kembali di atas awan, sementara mengabaikan nubuat-nubuat mengenai Tuhan yang datang secara diam-diam. Mereka menolak untuk percaya pada kesaksian apa pun bahwa Tuhan telah datang kembali dalam daging, dan bersikeras hanya percaya bahwa Dia telah datang kembali jika mereka melihat Dia datang di atas awan. Bukankah ini akan membuat mereka cenderung mengulangi kesalahan Tomas?

Ayat Alkitab untuk Referensi

"Kemudian setelah delapan hari, murid-murid Yesus berkumpul kembali di dalam rumah itu dan Tomas bersama dengan mereka: lalu datanglah Yesus kepada mereka, sementara semua pintu terkunci dan Dia berdiri di tengah-tengah mereka lalu berkata: 'Damai sejahtera bagi engkau sekalian!' Lalu Dia berkata kepada Tomas: 'Ulurkan jarimu dan lihatlah tangan-Ku, dan ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke lambung-Ku: dan jangan engkau tidak percaya lagi, tetapi percayalah'" (Yohanes 20:26-27).

"Yesus berkata kepadanya: 'Tomas, karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya: diberkatilah mereka yang tidak melihat, namun percaya'" (Yohanes 20:29).

"Lihatlah, Dia datang dengan awan-awan; dan setiap mata akan melihat-Nya, juga mereka yang menikam Dia: dan semua orang di bumi akan meratap karena Dia. Jadilah demikian, Amin" (Wahyu 1:7).

02Cara yang benar untuk menyambut Tuhan

Dalam hal menyambut Tuhan, kita harus belajar dari kegagalan Tomas. Kita tidak bisa hanya menunggu untuk melihat Dia datang di atas awan sebelum kita percaya. Jadi, bagaimana kita dapat menyambut Tuhan? Tuhan Yesus memberitahukannya kepada kita dengan sangat jelas: "Dan pada tengah malam terdengar teriakan, 'Lihat, mempelai laki-laki datang; keluarlah menyambutnya'" (Matius 25:6). "Lihatlah, Aku berdiri di pintu dan mengetuk: kalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membuka pintu itu, Aku akan datang masuk kepadanya, dan bersantap dengannya, dia bersama-Ku" (Wahyu 3:20). Kita dapat memahami di sini bahwa kunci untuk menyambut Tuhan adalah mendengarkan suara Tuhan—ini adalah satu-satunya cara untuk menyambut Dia. Ketika kita mendengar seseorang memberikan kesaksian bahwa Tuhan telah datang kembali, kita harus mencari dan menyelidiki, dan saat kita mengenali suara Tuhan, kita harus menerima dan tunduk. Bukankah itu berarti engkau sedang menyambut Tuhan?

Ayat Alkitab untuk Referensi

"Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya: diberkatilah mereka yang tidak melihat, namun percaya" (Yohanes 20:29).

"Karena itu hendaklah engkau berjaga-jaga: sebab Anak Manusia akan datang pada waktu yang tidak engkau duga" (Matius 24:44).

"Lihatlah, Aku datang bagaikan pencuri. Diberkatilah ia yang berjaga-jaga dan menjaga pakaiannya, supaya ia tidak berjalan dengan telanjang, dan dan jangan sampai kemaluannya terlihat" (Wahyu 16:15)

"Ada banyak hal lain yang bisa Kukatakan kepadamu, tetapi engkau tidak bisa menerima semuanya itu saat ini. Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu, datang, Dia akan menuntun engkau sekalian ke dalam seluruh kebenaran" (Yohanes 16:12-13).

"Lihatlah, Aku berdiri di pintu dan mengetuk: kalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membuka pintu itu, Aku akan datang masuk kepadanya, dan bersantap dengannya, dia bersama-Ku" (Wahyu 3:20).

"Dan pada tengah malam terdengar teriakan, 'Lihat, mempelai laki-laki datang; keluarlah menyambutnya'" (Matius 25:6).

"Dan ketika mereka pergi membeli minyak, mempelai laki-laki datang; dan mereka yang sudah siap sedia masuk bersamanya ke perjamuan kawin: dan pintu pun ditutup" (Matius 25:10).

"Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka, dan mereka mengikut Aku" (Yohanes 10:27).

"Barang siapa memiliki telinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang diucapkan Roh kepada gereja-gereja" (Wahyu 2:7).

Berlangganan Gratis

Berlangganan gratis untuk melihat T&J dan video-video Injil tentang kedatangan Tuhan kembali, bagaimana gadis bijaksana menyambut mempelai laki-laki, jalan menuju kerajaan surga, dll.

Berlangganan via Messenger

Artikel untuk Referensi

Dalam Menyambut Kedatangan Tuhan, Apakah Anda Sedang Membuat Kesalahan yang Sama Seperti Tomas?

Bagaimana Gadis Bijaksana Mendengarkan Suara Tuhan dan Menyambut Kedatangan-Nya?

Bagaimana Tuhan Yesus Akan Kembali di Akhir Zaman?

Bagaimana Seharusnya Kita Menyambut Tuhan Yesus Ketika Dia Datang Mengetuk Pintu?

Cara Diangkat Sebelum Kesengsaraan Besar