01Kita percaya kepada Tuhan dan telah diampuni dari dosa-dosa kita, jadi mengapa kita masih sangat sering berbuat dosa?

Meskipun kita telah dibebaskan dari dosa-dosa kita melalui kepercayaan kita kepada Tuhan, dan kita memenuhi syarat untuk berdoa kepada Tuhan dan menikmati anugerah dan berkat-Nya, kita masih dibelenggu oleh natur kita yang berdosa. Kita tidak mampu untuk tidak berbuat dosa dan menentang Tuhan, dan tidak mampu membebaskan diri kita dari hidup dalam dosa. Kita terus berbohong dan menipu Tuhan demi status dan reputasi; khususnya saat pekerjaan Tuhan bertentangan dengan gagasan kita, kita cenderung menyalahkan Dia, menghakimi Dia, dan bahkan menyangkali atau berpaling dari-Nya. Jelas sekali, manusia sering berbuat dosa dan menentang Tuhan karena naturnya yang berdosa.

Ayat Alkitab untuk Referensi

"Karena aku tahu, bahwa di dalam aku (yaitu, di dalam dagingku), tidak ada hal yang baik, karena dalam diriku ada kehendak; tetapi aku tidak mendapati cara berbuat apa yang baik" (Roma 7:18).

"... Sungguh aku ini manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?" (Roma 7:24).

02Dapatkah manusia memasuki kerajaan Tuhan jika masalah natur mereka yang berdosa belum diselesaikan dan mereka belum ditahirkan?

Tuhan berkata: "arena itu jadilah kudus, sebab Aku ini kudus" (Imamat 11:45). "Siapa saja yang melakukan dosa adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tinggal di rumah selamanya: tetapi Anak tetap tinggal selama-selamanya" (Yohanes 8:34-35). Tuhan itu kudus dan benar, dan kerajaan surga adalah tempat Tuhan memerintah, itu adalah tempat yang kudus; Tuhan tidak akan pernah mengizinkan mereka yang memiliki natur yang berdosa dan cenderung berbuat dosa untuk masuk ke dalam kerajaan-Nya. Ini ditetapkan oleh watak-Nya yang benar. Jelas sekali bahwa jika masalah natur manusia yang berdosa tidak diselesaikan, tidak akan ada jalan baginya untuk melepaskan diri dari dosa, ditahirkan, dan memasuki kerajaan surga.

Ayat Alkitab untuk Referensi

"Karena jika kita dengan sengaja berbuat dosa setelah menerima pengetahuan kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. Tetapi yang ada adalah penghakiman mengerikan dan lautan api yang akan menghanguskan orang-orang durhaka" (Ibrani 10:26-27).

"Bukan setiap orang yang memanggil-Ku, Tuhan, Tuhan, yang akan masuk ke dalam Kerajaan Surga; melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga. Banyak orang akan berkata kepada-Ku di hari itu kelak, Tuhan, Tuhan, bukankah kami telah bernubuat demi nama-Mu, telah mengusir setan-setan demi nama-Mu, dan melakukan banyak pekerjaan ajaib demi nama-Mu? Saat itu Aku akan menyatakan kepada mereka, Aku tidak pernah mengenalmu: pergilah daripada-Ku, engkau yang melakukan kejahatan" (Matius 7:21-23).

"Karena itu jadilah kudus, sebab Aku ini kudus" (Imamat 11:45).

"Karena tanpa kekudusan, tidak ada manusia yang bisa melihat Tuhan" (Ibrani 12:14).

"Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, siapa saja yang melakukan dosa adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tinggal di rumah selamanya: tetapi Anak tetap tinggal selama-selamanya" (Yohanes 8:34-35).

03Bagaimana kita dapat melepaskan diri dari dosa dan ditahirkan?

Alkitab menubuatkan, "Ada banyak hal lain yang bisa Kukatakan kepadamu, tetapi engkau tidak bisa menerima semuanya itu saat ini. Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu, datang, Dia akan menuntun engkau sekalian ke dalam seluruh kebenaran" (Yohanes 16:12-13). "Karena waktunya akan datang penghakiman harus dimulai di rumah Tuhan" (1 Petrus 4:17). Tuhan berjanji kepada kita bahwa Dia akan datang kembali pada akhir zaman, bahwa Dia akan mengungkapkan seluruh kebenaran untuk penahiran dan penyelamatan umat manusia, melakukan pekerjaan penghakiman yang dimulai dari rumah Tuhan, menyelesaikan sepenuhnya masalah natur dosa dan watak jahat manusia, dan membebaskan manusia dari dosa sehingga mereka dapat mencapai penyucian dan dibawa masuk ke dalam kerajaan surga.

Ayat Alkitab untuk Referensi

"Jadi Kristus satu kali dikorbankan untuk menanggung dosa banyak orang; dan kepada mereka yang mencari-Nya, Dia akan menampakkan diri kedua kalinya tanpa dosa untuk keselamatan" (Ibrani 9:28).

"Ada banyak hal lain yang bisa Kukatakan kepadamu, tetapi engkau tidak bisa menerima semuanya itu saat ini. Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu, datang, Dia akan menuntun engkau sekalian ke dalam seluruh kebenaran" (Yohanes 16:12-13).

"Dia yang menolak Aku dan tidak menerima firman-Ku, sudah ada yang menghakiminya: firman yang Aku nyatakan, itulah yang akan menghakiminya di akhir zaman" (Yohanes 12:48).

"Karena waktunya akan datang penghakiman harus dimulai di rumah Tuhan" (1 Petrus 4:17).

"Sucikanlah mereka dengan kebenaran-Mu: firman-Mu adalah kebenaran" (Yohanes 17:17).

"Dan akan terjadi di seluruh negeri, firman Yahweh, dua pertiga di dalamnya akan dipisahkan dan mati; tetapi sepertiganya akan ditinggalkan di sana. Dan Aku akan membawa bagian ketiga itu melewati api, dan akan memurnikan mereka seperti perak dimurnikan, dan akan mengujinya seperti emas diuji: mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan mendengar mereka: Aku akan berkata, Ini adalah umat-Ku: dan mereka akan berkata, Yahweh adalah Tuhanku" (Zakharia 13:8-9).

"Berbahagialah mereka yang melakukan perintah-perintah-Nya, sehingga mereka dapat memperoleh hak atas pohon kehidupan dan dapat masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu" (Wahyu 22:14).

Berlangganan Gratis

Berlangganan gratis untuk melihat T&J dan video-video Injil tentang kedatangan Tuhan kembali, bagaimana gadis bijaksana menyambut mempelai laki-laki, jalan menuju kerajaan surga, dll.

Berlangganan via Messenger

Artikel untuk Referensi

Apakah Pengampunan Dosa Berarti Pemurnian dan Keselamatan

Apakah Pengampunan Dosa Berarti Pemurnian dan Keselamatan

Ada Harapan bagi Saya untuk Menyingkirkan Dosa

Ada Harapan bagi Saya untuk Menyingkirkan Dosa

Apakah Orang Yang Sering Berdosa Bisa Masuk ke Kerajaan Surga

Apakah Orang Yang Sering Berdosa Bisa Masuk ke Kerajaan Surga

Penghakiman Adalah Terang

Penghakiman Adalah Terang

Cara Dibebaskan Dari Dosa dan Ditahirkan