Berlangganan

Menu

Apa Itu Keselamatan? Apa Itu Keselamatan akhir Zaman dalam Alkitab?

Navigasi cepat
1.Apakah Itu Keselamatan?
2.Keselamatan yang Telah Disiapkan Tuhan bagi Manusia di Akhir Zaman
3.Bagaimana Mendapatkan Keselamatan Tuhan di Akhir Zaman

Apa Itu Keselamatan? Apa Itu Keselamatan akhir Zaman dalam Alkitab?

Apa itu keselamatan? Sehubungan dengan pertanyaan ini, banyak orang percaya kepada Tuhan akan berkata, "Melalui penyaliban Tuhan Yesus, kita telah ditebus dan diampuni dari dosa-dosa. Inilah arti keselamatan. " Namun, apakah Anda menyadari nubuatan alkitab mengatakan, "Yang dijaga oleh kuasa Tuhan oleh iman kepada keselamatan yang siap untuk dinyatakan pada akhir zaman" (1 Petrus 1:5).)? Kita bisa melihat dari sini bahwa diakhir zaman, keselamatan Tuhan akan datang kepada kita umat manusia. Ini membuktikan bahwa keselamatan tidak semata-mata berarti keselamatan Tuhan Yesus. Jadi, apakah keselamatan itu, dan bagaimana kita bisa mendapatkan keselamatan Tuhan di akhir zaman? Masalah-masalah ini secara langsung terkait dengan masalah penting untuk mendapatkan keselamatan dan memasuki kerajaan surga, jadi marilah kita bersekutu dan menjelajahinya sekarang bersama.

Apakah Itu Keselamatan?

Untuk memahami apa itu keselamatan, pertama-tama kita harus mengetahui bahwa keselamatan berasal dari Tuhan dan bahwa itu adalah pekerjaan yang dilakukan oleh Tuhan demi menyelamatkan umat manusia yang dirusak oleh Setan, sehingga pada akhirnya kita dapat memperoleh keselamatan dalam firman dan pekerjaan Tuhan—bertindak dan bertingkah laku sesuai dengan persyaratan Tuhan, hidup dalam perawatan dan perlindungan-Nya dan memenangkan pujian dan berkat-Nya. Inilah arti keselamatan dari Tuhan. Sekarang, mari kita pahami detailnya dari pekerjaan Tuhan.

Seperti kita ketahui bersama, pada awalnya Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden, dan mereka tidak berdosa dan tidak ternoda. Setelah mereka mendengarkan perkataan Setan dan memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, orang-orang mulai memiliki dosa dan menjadi semakin rusak. Ketika umat manusia jatuh ke dalam kejahatan dan kerusakan pada tingkat tertentu, Tuhan harus menggunakan banjir besar untuk menghancurkan umat manusia yang telah rusak parah, dan hanya delapan anggota keluarga Nuh yang diselamatkan dan bertahan hidup. Oleh karena itu, umat manusia terus berkembang biak di bumi. Tetapi orang-orang pada masa itu hanya tahu untuk makan, minum dan menikmati hal-hal materi yang Tuhan berikan kepada mereka, tetapi mereka tidak tahu bagaimana menyembah Tuhan atau bagaimana hidup di bumi. Inilah mengapa Tuhan memulai pekerjaan pengelolaan-Nya untuk keselamatan umat manusia. Sesuai dengan kebutuhan manusia, Tuhan menetapkan perintah, hukum, dan aturan untuk membimbing kehidupan mereka di bumi. Misalnya, menaati hari Sabat, menghormati orang tua, tidak menyembah berhala, dan tidak mencuri atau berzina. Ada juga aturan tentang persembahan korban, makan makanan, kompensasi mencuri, serta membunuh sapi dan domba, dll. Mereka yang mematuhi hukum dan perintah Tuhan akan menerima berkat Tuhan, dan mereka yang melanggar hukum dan perintah Tuhan akan dihukum. Melalui hukum, Tuhan Yahweh memimpin, mengendalikan dan mengajar manusia, membiarkan mereka hidup normal di bumi dan tahu bagaimana menyembah Tuhan—inilah keselamatan yang dibawa Tuhan kepada umat manusia di Zaman Hukum Taurat. Pada saat itu, dengan mengindahkan firman Tuhan Yahweh, dan menjunjung tinggi hukum dan perintah-Nya, orang bisa dilindungi dan diberkati oleh Tuhan, dan mereka bisa mendapatkan keselamatan Tuhan di Zaman Hukum Taurat.

Di akhir Zaman Hukum Taurat, orang-orang semakin dirusak oleh Setan. Tidak ada yang dapat menaati hukum atau perintah, sedemikian rupa sehingga tidak ada persembahan yang dapat menebus dosa-dosa mereka. Mereka semua menghadapi risiko dikutuk dan dihukum mati oleh hukum. Untuk menyelamatkan umat manusia—untuk menebus mereka dari kutukan hukum—Tuhan secara pribadi berinkarnasi dan memulai Zaman Kasih Karunia. Dia mengungkapkan kebenaran dan memberi orang jalan pertobatan, menunjukkan kepada mereka cara penerapan di zaman baru. Dia mengajar orang untuk menjadi toleran dan sabar, mengasihi orang lain seperti diri mereka sendiri, menjadi garam dan terang bumi, mengampuni orang lain tujuh puluh kali tujuh kali, berdoa bagi mereka yang menganiaya mereka, dan memikul salib serta mengikuti Tuhan. Akhirnya, Dia disalibkan sebagai persembahan dosa kekal bagi umat manusia, menanggung dosa umat manusia. Ini adalah keselamatan yang dibawa oleh Tuhan kepada umat manusia di Zaman Kasih Karunia. Siapapun yang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamatnya tidak akan lagi dikutuk oleh hukum dan akan selamat. Kapanpun seseorang berdosa, mereka hanya perlu mengaku dan bertobat dari dosa-dosa mereka kepada Tuhan Yesus, dan Tuhan akan mengampuni dosa-dosa mereka dan memberikan anugerah dan berkat yang melimpah kepada mereka. Ini adalah keselamatan yang diperoleh orang-orang di Zaman Kasih Karunia.

jelaskan arti keselamatan rohani

Keselamatan yang Telah Disiapkan Tuhan bagi Manusia di Akhir Zaman

Tuhan Yesus menebus kita umat manusia. Meskipun dosa-dosa kita diampuni melalui kepercayaan kita kepada Tuhan, watak setan kita seperti sombong, angkuh, bengkok, licik, egois, hina dan mencari keuntungan, masih mengakar dalam di dalam diri kita. Didominasi oleh watak rusak ini, kita sering berdosa dan menolak Tuhan tanpa sadar. Misalnya, meskipun kita percaya dan mengikuti Tuhan, kita sering merindukan tren dunia, mengejar kehidupan mewah, mendambakan ketenaran, kekayaan, dan status. Dalam interaksi kita dengan orang lain, saat sesuatu mulai melanggar kepentingan kita sendiri, kita masih bisa berbohong dan menipu orang lain. Ketika kita memiliki pengetahuan teologi, merasa tinggi perkasa dan merendahkan orang lain, dan saat bekerja kita sering kali pamer untuk membuat orang lain memandang dan menyembah kita. Ketika dihadapkan pada kemunduran, kegagalan, atau pencobaan dan kesengsaraan, kita mengeluh kepada Tuhan, dan bahkan sampai mengkhianati-Nya. Tuhan berkata: "Karena itu jadilah kudus, sebab Aku ini kudus" (Imamat 11:45). "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, siapa saja yang melakukan dosa adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tinggal di rumah selamanya: tetapi Anak tetap tinggal selama-lamanya" (Yohanes 8:34-35). "Karena jika kita dengan sengaja berbuat dosa setelah menerima pengetahuan kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. Tetapi yang ada adalah penghakiman mengerikan dan lautan api yang akan menghanguskan orang-orang durhaka" (Ibrani 10:26-27). Kita dapat melihat dari sini bahwa karena dosa manusia tidak memenuhi syarat untuk masuk ke kerajaan surga, yang ditentukan oleh watak Tuhan yang suci dan benar. Jika kita tidak pernah bisa melepaskan belenggu dan kekangan dosa dan terus menerus berbuat dosa dan menentang Tuhan, pada akhirnya kita akan disingkirkan dan dihukum. Oleh karena itu, untuk sepenuhnya menyelamatkan manusia dari cengkeraman Setan, dan memungkinkan kita untuk melepaskan ikatan dan batasan dosa dan dimurnikan, Tuhan akan melakukan tahap pekerjaan keselamatan di akhir zaman. Ini adalah keselamatan yang telah Tuhan persiapkan untuk kita di akhir zaman. Seperti yang dikatakan Alkitab, Jadi Kristus satu kali dikorbankan untuk menanggung dosa banyak orang; dan kepada mereka yang mencari-Nya, Dia akan menampakkan diri kedua kalinya tanpa dosa untuk keselamatan. (Ibrani 9:28)

Bagaimana Mendapatkan Keselamatan Tuhan di Akhir Zaman

Jadi, bagaimana kita bisa mendapatkan keselamatan Tuhan di akhir zaman? Tuhan Yesus berkata: "Ada banyak hal lain yang bisa Kukatakan kepadamu, tetapi engkau tidak bisa menerima semuanya itu saat ini. Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu, datang, Dia akan menuntun engkau sekalian ke dalam seluruh kebenaran: karena Dia tidak akan berbicara tentang diri-Nya sendiri; tetapi Dia akan menyampaikan segala sesuatu yang telah didengar-Nya: dan Dia akan menunjukkan hal-hal yang akan datang kepadamu" (Yohanes 16:12-13). "Dan kalau ada orang yang mendengar perkataan-Ku, dan tidak percaya, Aku tidak menghakiminya: karena Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkan dunia. Dia yang menolak Aku dan tidak menerima firman-Ku, sudah ada yang menghakiminya: firman yang Aku nyatakan, itulah yang akan menghakiminya di akhir zaman" (Yohanes 12:47-48). 1 Petrus 4:17 berkata, "Karena waktunya akan datang penghakiman harus dimulai di rumah Tuhan: dan jika itu pertama kali dimulai pada kita, apakah kesudahan dari mereka yang tidak menaati Injil Tuhan?". Dan Yohanes 17:17 berkata, "Sucikanlah mereka dengan kebenaran-Mu: firman-Mu adalah kebenaran" (Yohanes 17:17). Ayat-ayat ini memberi tahu kita bahwa ketika Tuhan datang kembali di akhir zaman, Dia akan mengungkapkan kebenaran dan melakukan pekerjaan penghakiman yang dimulai dari rumah Tuhan. Dengan kebenaran, Dia akan menghakimi dan memurnikan watak rusak kita, sehingga memungkinkan kita untuk sepenuhnya melepaskan ikatan dosa, mencapai pemurnian, dan tidak lagi melawan dan memberontak terhadap-Nya.

Tuhan Yesus telah memberi tahu kita sejak lama, "Dan pada tengah malam terdengar teriakan, 'Lihat, mempelai laki-laki datang; keluarlah menyambutnya'" (Matius 25:6). "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka engkau akan menemukan; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu" (Matius 7:7). Jadi ketika kita mendengar seseorang bersaksi bahwa Tuhan Yesus telah datang kembali, dan bahwa Dia sedang melakukan pekerjaan penghakiman yang dimulai dari rumah Tuhan, kita harus melakukan apa yang Tuhan katakan dan secara proaktif mencari dan menyelidikinya untuk melihat apakah ini pekerjaan Tuhan dan jika itu berisi ekspresi kebenaran. Ini adalah satu-satunya cara kita dapat menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali dan mendapatkan keselamatan Tuhan di akhir zaman.

Catatan Editor

Dari membaca artikel ini, kami percaya bahwa Anda sekarang telah memahami apa itu keselamatan dan jalan untuk menerima keselamatan Tuhan di akhir zaman. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat bagi Anda, harap bagikan dengan orang lain. Jika Anda memiliki masalah atau kesulitan lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar, atau hubungi kami melalui opsi obrolan dan messenger di situs kami.

Tinggalkan komentar