Menu

Mengapa Alkitab Berkata Bahwa "Kitab Suci telah Mengurung Semuanya Di bawah Dosa"

Pertanyaan: Alkitab mengatakan bahwa: "Kalau begitu, apakah hukum Taurat bertentangan dengan janji-janji Tuhan? Sama sekali bukan demikian! Karena jika hukum Taurat yang diberikan bisa memberi kehidupan, sesungguhnya kebenaran ada atas hukum Taurat. Tetapi Kitab Suci telah mengurung semuanya di bawah dosa, agar janji itu oleh iman kepada Yesus Kristus diberikan kepada mereka yang percaya" (Galatia 3:21-22). Melalui membaca Alkitab, kita memperoleh pemahaman tentang pekerjaan Tuhan dan meningkatkan kepercayaan diri kita. Alkitab menempati tempat yang sangat penting dalam hati Kristen. Tetapi mengapa dikatakan bahwa Alkitab telah menyimpulkan segala sesuatu di bawah dosa?

Mengapa Alkitab Berkata Bahwa

Jawaban: Mengenai pertanyaan ini, kita harus mulai dengan fakta sejarah. Mari kita pikir kembali ketika Tuhan Yesus pertama kali memulai pekerjaan-Nya, para imam kepala, ahli-ahli Taurat, dan orang-orang Farisi semuanya orang yang sangat akrab dengan Alkitab, mereka selalu menjelaskan Alkitab kepada orang-orang di bait suci, dan melayani Tuhan sesuai dengan Alkitab. Tetapi ketika Tuhan Yesus datang untuk bekerja, mereka melihat bahwa Tuhan Yesus tidak memelihara hari Sabat, tidak memasuki bait suci, pergi ke pedesaan dan padang gurun untuk memberitakan Injil kerajaan surga, mengajar orang untuk bertoleransi, mengampuni orang tujuh puluh kali tujuh kali, makan bersama dengan orang berdosa, dll. Orang-orang Farisi menganggap bahwa Tuhan Yesus tidak melakukan apa yang dituntut Perjanjian Lama, maka itu bukan pekerjaan Tuhan. Mereka hanya mempertahankan hukum Taurat Perjanjian Lama dan berpikir bahwa tidak peduli seberapa tinggi khotbah Tuhan Yesus dan seberapa tinggi otoritas-Nya, selama itu tidak disebut Mesias, maka itu bukan Kristus. Mereka memiliki alasan untuk tidak menerima pekerjaan dan firman Tuhan Yesus. Selain itu, mereka selalu mencari kesalahan Tuhan Yesus di mana-mana, menggunakan kata-kata Alkitab untuk menentang dan mengutuk Tuhan Yesus, dan akhirnya memaku Tuhan Yesus yang pengasih di kayu salib, dan melakukan kejahatan keji. Dapat dilihat dari sini bahwa kegagalan orang Farisi adalah untuk menetapkan Tuhan dalam Alkitab dan pada saat yang sama membatasi pekerjaan Tuhan dalam ruang lingkup yang tetap, tetapi mereka tidak tahu bahwa tanpa pekerjaan Tuhan Yesus, orang akan dihukum mati oleh hukum Taurat. Jika orang tidak mengikuti pekerjaan Tuhan Yesus, maka dosa-dosa mereka tidak akan pernah diampuni, sehingga mereka kehilangan keselamatan Tuhan Yesus.

Seperti apa yang dikatakan dalam satu paragraf firman Tuhan: "Mereka menganggap Kitab Suci terlalu penting. Dapat dikatakan bahwa mereka melihat kata-kata dan ungkapan sebagai sesuatu yang sangat penting, sampai-sampai mereka memakai ayat-ayat dari Alkitab untuk menilai setiap kata yang Kuucapkan dan untuk mengecam-Ku. Yang mereka cari bukanlah cara agar sesuai dengan-Ku atau cara agar sesuai dengan kebenaran, tetapi cara agar sesuai dengan perkataan Alkitab, dan mereka meyakini bahwa segala sesuatu yang tidak sesuai dengan Alkitab, tanpa terkecuali, bukanlah pekerjaan-Ku. Bukankah orang-orang semacam ini adalah keturunan orang Farisi yang berbakti? Orang Farisi Yahudi menggunakan hukum Musa untuk mengecam Yesus. Mereka tidak berupaya untuk sesuai dengan Yesus pada waktu itu, tetapi dengan giat mematuhi hukum Taurat hingga ke huruf-hurufnya, sampai—setelah menuduh-Nya tidak mematuhi hukum Taurat dalam Perjanjian Lama dan menuduh-Nya bukan Mesias—mereka akhirnya memakukan Yesus yang tak berdosa itu ke kayu salib. Apa esensi mereka? Bukankah itu berarti mereka tidak mencari cara agar dapat sesuai dengan kebenaran? Mereka terobsesi dengan setiap kata dalam Kitab Suci tetapi tidak mengindahkan kehendak-Ku ataupun langkah serta cara-Ku bekerja. Mereka bukanlah orang yang mencari kebenaran, melainkan orang yang dengan kaku berpegang pada kata-kata; mereka bukanlah orang yang percaya kepada Tuhan, tetapi orang yang percaya pada Alkitab. Intinya, mereka adalah anjing-anjing penjaga Alkitab. Untuk menjaga kepentingan Alkitab, menjunjung tinggi martabat Alkitab, dan melindungi reputasi Alkitab, mereka bahkan sampai memakukan Yesus yang penuh belas kasihan itu ke kayu salib" (Engkau Harus Mencari Cara agar Sesuai dengan Kristus).

Firman Tuhan ini sepenuhnya mengungkapkan akar dari berpegang pada Alkitab dan menentang Tuhan. Orang-orang Farisi menetapkan Tuhan di dalam Alkitab dan di dalam aturan dan peraturan hukum-hukum Taurat. Mereka melihat bahwa pekerjaan Tuhan Yesus melampaui Alkitab, jadi mereka menggunakan hukum-hukum Taurat di Alkitab untuk mengutuk Tuhan Yesus. Mereka sama sekali tidak ada hati yang mencari kebenaran dan menerima kebenaran. Tuhan Yesus pernah berkata: "Selidikilah kitab-kitab suci; karena engkau berpikir di dalamnya ada kehidupan kekal itu: padahal kitab-kitab suci itu memberikan kesaksian tentang Aku. Dan engkau tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh kehidupan" (Yohanes 5:39-40). Alkitab adalah kesaksian tentang Tuhan dan catatan pekerjaan Tuhan. Alkitab tidak dapat memberikan kehidupan kepada manusia. Hanya Tuhanlah kebenaran, jalan, dan hidup. Hanya dengan mengikuti jejak Tuhan kita dapat memperoleh kebenaran, hidup, dan janji hidup yang kekal. Akar dari kegagalan orang Farisi adalah mereka percaya pada Tuhan secara lahiriah, tetapi hakikatnya adalah percaya pada Alkitab, dan menggantikan posisi Tuhan di hati manusia dengan Alkitab. Akibatnya, ketika mereka melihat bahwa pekerjaan Tuhan Yesus melampaui Alkitab, mereka dengan sombong menolak kebenaran dari Tuhan Yesus, dan akibatnya mereka kehilangan keselamatan Tuhan. Sebaliknya, murid-murid yang mengikuti Tuhan Yesus pada saat itu, seperti Petrus, Matius, dan lainnya tidak berpegang secara membabi buta pada Alkitab, tetapi mereka menerima dan mengikuti firman Tuhan Yesus, berjalan keluar dari hukum Taurat Perjanjian Lama, mengikuti pekerjaan Tuhan, dan memperoleh anugerah keselamatan dari Tuhan.

"Kitab Suci telah mengurung semuanya di bawah dosa" Sebenarnya, itu berarti bahwa kita hanya berpegang pada Alkitab tetapi tidak menerima pekerjaan Tuhan di zaman baru, dan tidak menerima kebenaran dari mulut Tuhan. Pada akhirnya kita akan menjadi orang yang bertentangan dengan Tuhan. Kegagalan orang Farisi mengingatkan saya bahwa orang-orang di akhir zaman sangat percaya bahwa "Pekerjaan Tuhan ada di dalam Alkitab, dan segala sesuatu yang melampaui Alkitab bukanlah pekerjaan Tuhan." Oleh karena itu, ketika kita mendengar bahwa Tuhan Yesus telah kembali, dan Dia telah mengungkapkan firman untuk melakukan pekerjaan penghakiman dan hajaran, kita akan berpikir itu sudah melampaui Alkitab. Orang tidak mencari tahu dan tidak menyelidiki, bahkan melawan dan mengutuk pekerjaan-Nya. Kalau begitu, apakah orang dapat menyambut kembalinya Tuhan Yesus? Apakah pekerjaan Tuhan tidak bisa melampaui Alkitab?

Saya melihat dua paragraf firman Tuhan: "Hal-hal yang dicatat dalam Alkitab terbatas; hal-hal itu tidak dapat merepresentasikan pekerjaan Tuhan dalam keseluruhannya. Keempat kitab Injil berisi kurang dari seratus pasal, di mana tertulis sejumlah peristiwa-peristiwa yang terbatas, seperti peristiwa Yesus mengutuk pohon ara, penyangkalan Petrus sebanyak tiga kali terhadap Tuhan, Yesus menampakkan diri di hadapan para murid setelah penyaliban dan kebangkitan-Nya, pengajaran tentang puasa, pengajaran tentang doa, pengajaran tentang perceraian, kelahiran dan silsilah Yesus, penunjukkan murid-murid oleh Yesus, dan seterusnya. Namun, manusia menilai apa yang tercatat dalam Alkitab itu sebagai harta karun, bahkan membandingkan pekerjaan yang terjadi pada zaman sekarang untuk dipertentangkan dengan apa yang tertulis. Mereka bahkan percaya bahwa semua pekerjaan yang Yesus lakukan dalam kehidupan-Nya hanyalah sebanyak itu, seolah-olah Tuhan hanya mampu melakukan sebanyak itu, dan tidak lebih dari itu. Bukankah ini konyol?" (Misteri Inkarnasi (1)).

"Lagipula, mana yang lebih besar: Tuhan atau Alkitab? Mengapa pekerjaan Tuhan harus selaras dengan Alkitab? Apakah Tuhan tidak punya hak untuk melampaui Alkitab? Tidak bisakah Tuhan meninggalkan Alkitab dan melakukan pekerjaan lain? Mengapa Yesus dan murid-murid-Nya tidak memelihara hari Sabat? Jika Dia harus memelihara hari Sabat dan bertindak sesuai dengan perintah-perintah Perjanjian Lama, mengapa Yesus tidak memelihara hari Sabat setelah Dia datang, tetapi malah membasuh kaki, menutup kepala, memecah roti, dan minum anggur? Bukankah semua ini tidak tercantum di dalam perintah Perjanjian Lama? Jika Yesus menghormati Perjanjian Lama, mengapa Dia meninggalkan doktrin-doktrin ini? Engkau harus mengetahui mana yang ada lebih dahulu, Tuhan atau Alkitab! Sebagai Tuhan atas hari Sabat, tidak bisakah Dia juga menjadi Tuhan atas Alkitab?" (Tentang Alkitab (1)).

Dari firman Tuhan ini, kita dapat memahami bahwa Alkitab hanyalah catatan sejarah pekerjaan Tuhan. Baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dibentuk setelah Tuhan melakukan satu tahap pekerjaan, dan dicatat oleh manusia, dan terbentuk setelah diedit dan disusun. Tidak mungkin pekerjaan baru dicatat dalam Alkitab terlebih dahulu. Sama seperti Tuhan Yahweh yang melakukan pekerjaan di Zaman Hukum Taurat, saat itu belum ada Perjanjian Lama ketika Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir, mengumumkan hukum Taurat dan perintah, dll. Demikian pula, Tuhan Yesus tidak mengikuti Alkitab ketika Dia bekerja. Tuhan Yesus memberitakan injil kerajaan surga, tidak memelihara hari Sabat, mengajarkan toleransi, kesabaran, dan disalib untuk menebus dosa manusia, dll. Semua pekerjaan ini telah melampaui Perjanjian Lama dan tidak dicatat dalam Perjanjian Lama. Perjanjian Baru terbentuk sekitar 300 masehi setelah kebangkitan Tuhan Yesus. Dari sini, kita dapat melihat fakta bahwa Tuhan tidak bekerja berdasarkan Alkitab, apalagi menemukan cara dalam Alkitab untuk memimpin orang-orang yang mengikuti-Nya. Sebaliknya Tuhan membawa orang jalan yang baru dan melakukan pekerjaan baru sesuai dengan kebutuhan umat manusia yang rusak. Alkitab mengatakan: "Tuhan, Engkau telah menjadi tempat kediaman kami di semua generasi. Sebelum gunung-gunung muncul, atau sebelum Engkau membentuk bumi dan dunia, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, Engkau adalah Tuhan" (Mazmur 90:1-2). Tuhan adalah Tuhan dari awal sampai selama-lamanya. Tuhan sudah ada sebelum segala sesuatu ada. Tuhan itu jelas dan nyata dan berdaulat atas segala sesuatu. Dia bukan hanya Tuhan atas hari Sabat, tetapi juga Tuhan atas Alkitab. Dia memiliki hak untuk melampaui Alkitab dan melakukan pekerjaan-Nya di zaman baru.

Tuhan Yesus berkata: "Ada banyak hal lain yang bisa Kukatakan kepadamu, tetapi engkau tidak bisa menerima semuanya itu saat ini. Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu, datang, Dia akan menuntun engkau sekalian ke dalam seluruh kebenaran: karena Dia tidak akan berbicara tentang diri-Nya sendiri; tetapi Dia akan menyampaikan segala sesuatu yang telah didengar-Nya: dan Dia akan menunjukkan hal-hal yang akan datang kepadamu" (Yohanes 16:12-13). "Dia yang menolak Aku dan tidak menerima firman-Ku, sudah ada yang menghakiminya: firman yang Aku nyatakan, itulah yang akan menghakiminya di akhir zaman" (Yohanes 12:47-48). "Karena waktunya akan datang penghakiman harus dimulai di rumah Tuhan" (1 Petrus 4:17). Dari nubuatan-nubuatan ini, kita dapat melihat bahwa masih banyak hal yang belum diberitahukan oleh Tuhan Yesus kepada kita. Dia akan kembali di akhir zaman, memberi kita semua kebenaran, dan mengungkapkan firman-Nya untuk melakukan pekerjaan penghakiman. Pekerjaan Tuhan di akhir zaman hanya dinubuatkan dalam Alkitab, dan tidak ada catatan rinci. Ini semua adalah fakta yang akan Tuhan selesaikan di akhir zaman. Kalau kita berpikir "Pekerjaan Tuhan ada di dalam Alkitab, dan di luar Alkitab tidak ada pekerjaan Tuhan." Menurut konsepsi kita, bagaimana nubuat-nubuat ini dapat digenapi? Bukankah ini bertentangan dengan kehendak Tuhan?

Orang Farisi pada saat itu menghafal Kitab Suci dengan lancar, tetapi mereka tidak mengetahui pekerjaan Tuhan dan tidak mengikuti jejak Tuhan Yesus. Akibatnya, mereka tersingkir oleh pekerjaan baru Tuhan Yesus. Kita harus mengambil pengajaran ini! Kitab Wahyu bernubuat bahwa: "Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba ke mana pun Dia pergi" (Wahyu 14:4). "Barang siapa memiliki telinga, hendaklah dia mendengarkan apa yang diucapkan Roh kepada gereja-gereja" (Dikutipp dari Wahyu pasal 2-3). Gadis yang bijaksana mengikuti jejak Anak Domba setelah mendengar suara Tuhan. Bagi setiap orang Kristen yang dengan tulus menyambut kedatangan Tuhan Yesus, kita harus seperti gadis yang bijaksana yang mendengarkan suara Tuhan dan menyambut kembalinya Tuhan Yesus, supaya benar-benar mendapatkan keselamatan Tuhan di akhir zaman.

Tinggalkan komentar