Berlangganan

Menu

Mengapa Persekutuan itu Penting

Catatan Editor

Ada tertulis dalam Ibrani 10:25, "Jangan meninggalkan persekutuan bersama kita, seperti sikap beberapa orang; tetapi saling menasihatilah: dan lebih sering lagi, saat kamu lihat harinya makin dekat". Bagi orang yang percaya kepada Tuhan, menghadiri persekutuan sangat penting dan kita harus menjaganya. Tetapi beberapa orang tidak dapat menghadiri persekutuan secara normal karena mereka sibuk dengan pekerjaan dan keluarga mereka. Dan dengan demikian mereka secara bertahap menjadi semakin jauh dari Tuhan. Sebenarnya hal itu disebabkan karena kita tidak memahami pentingnya menghadiri persekutuan. Mengapa menghadiri persekutuan penting? Konten berikut akan memberi tahu Anda dua alasan mengapa menghadiri persekutuan itu sangat penting.

1. Hanya Bertekun Menghadiri Pertemuan Barulah Dapat Disetujui oleh Tuhan

Kita harus tahu bahwa menghadiri persekutuan adalah praktik penting dalam percaya dan menyembah Tuhan. Ini karena persekutuan adalah tempat di mana kita membaca dan bersekutu tentang firman Tuhan, dan hanya dengan membaca lebih banyak firman Tuhan dalam persekutuan, kita dapat memahami kebenaran dan maksud serta tuntutan Tuhan dengan lebih cepat. Jadi, ketika menghadapi hal-hal, kita sering dapat melakukan sesuai dengan firman Tuhan dan kita dapat masuk ke dalam realitas kebenaran dan mendapatkan perkenanan Tuhan. Oleh karena itu, apakah kita dapat bertahan dalam menghadiri persekutuan sangat penting bagi kita untuk disetujui oleh Tuhan. Orang yang benar-benar percaya kepada Tuhan harus sering datang ke hadapan Tuhan, menghadiri persekutuan dan membaca firman Tuhan lebih banyak. Jika kita mengikuti Tuhan dengan cara yang kacau, sibuk dengan pekerjaan dan keluarga, tidak memperhatikan untuk menghadiri persekutuan, dan tidak sering membaca firman Tuhan, apalagi menerapkan firman Tuhan, bagaimana kita bisa mendapatkan perkenanan Tuhan?

Tuhan berfirman, "Engkau hanya akan mendapatkan manfaat dari imanmu kepada Tuhan jika engkau menganggapnya sebagai hal terbesar dalam hidupmu, lebih penting daripada makanan, pakaian, atau apa pun! Jika engkau hanya percaya ketika engkau punya waktu, dan tidak mampu mencurahkan seluruh perhatianmu pada imanmu, jika engkau selalu mengalami kebingungan, maka engkau tidak akan mendapatkan apa-apa."

Dari perkataan tersebut, kita dapat melihat bahwa sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, kita harus mengutamakan kepercayaan kepada Tuhan dan menyembah Tuhan. Jika tidak, kita percaya kepada Tuhan dengan mengikuti keinginan sendiri dan akan disingkirkan. Jadi, menjaga hubungan normal dengan Tuhan, menghadiri persekutuan, berdoa dan menyampaikan kebenaran adalah apa yang harus dilakukan oleh setiap orang yang percaya kepada Tuhan dan merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh makhluk ciptaan. Jika kita hanya puas dengan mengakui Tuhan dengan mulut kita dan percaya kepada-Nya di dalam hati kita, memperlakukan kepercayaan kepada Tuhan sebagai hobi amatir, tidak memperhatikan untuk bersekutu tentang kebenaran, maka kita tidak akan memiliki hubungan dengan Tuhan. Di mata Tuhan, kita tidak berbeda dengan orang yang tidak percaya. Orang-orang yang tidak percaya tidak mencintai kebenaran, tidak menghadiri persekutuan, atau mengejar untuk memperoleh kehidupan yang berasal dari Tuhan, tetapi sibuk mencari uang dan memuaskan daging mereka sendiri. Karena mereka tidak memiliki hubungan dengan Tuhan, Tuhan pasti tidak akan menyetujui mereka. Jika kita disibukkan oleh hal-hal kedagingan dan tidak mengindahkan persekutuan dan menyembah Tuhan, bukankah kita sama dengan orang-orang yang tidak percaya? Jadi walaupun kita percaya Tuhan sampai akhir, kita tidak akan disetujui Tuhan atau mendapatkan kebenaran dan kehidupan, dan nasib kita pasti akan sama dengan orang-orang yang tidak percaya; dibenci, ditolak dan disingkirkan oleh Tuhan. Oleh karena itu, apakah kita dapat bertahan dalam menghadiri persekutuan secara langsung berkaitan dengan apakah kita dapat memperoleh kebenaran dan perkenanan Tuhan.

2. Hanya dengan Bertekun Menghadiri Persekutuan, Hidup Kita Akan Tumbuh

Tuhan berkata, "Sekali lagi Aku berkata kepadamu, bahwa jika dua orang di antara kalian di bumi setuju mengenai apa pun yang hendak mereka minta, itu akan dilakukan untuk mereka oleh Bapa-Ku yang ada di surga. Karena di mana dua atau tiga orang berkumpul bersama dalam nama-Ku, di situlah Aku ada di tengah-tengah mereka" (Matius 18:19-20).

"Roh Kudus tidak hanya bekerja dalam diri orang-orang tertentu yang dipakai Tuhan, tetapi terlebih lagi, Dia bekerja di dalam gereja. Dia dapat bekerja dalam diri siapa saja. Dia mungkin bekerja di dalam dirimu sekarang, dan engkau akan mengalami pekerjaan ini. Selama periode berikutnya, Dia mungkin bekerja dalam diri orang lain, dalam hal ini engkau harus segera mengikuti; semakin dekat engkau mengikuti terang yang sekarang, semakin hidupmu dapat bertumbuh. Seperti apa pun sikap seseorang, apabila Roh Kudus bekerja di dalam dirinya, engkau harus mengikuti. Ambil pengalaman mereka menjadi pengalamanmu sendiri, dan engkau akan menerima perkara-perkara yang jauh lebih tinggi. Dengan melakukan itu, engkau akan maju lebih cepat. Inilah jalan penyempurnaan bagi manusia dan sarana pertumbuhan kehidupan."

Kita dapat melihat dari firman Tuhan bahwa gereja adalah tempat di mana Roh Kudus bekerja. Selama saudara dan saudari menghadiri persekutuan, membaca dan bersekutu tentang firman Tuhan, Roh Kudus akan bekerja dan hidup kita akan tumbuh secara bertahap. Karena kualitas, lingkungan tempat tinggal dan latar belakang setiap saudara dan saudari berbeda, ditambah mereka memiliki pengalaman pekerjaan Tuhan yang berbeda, dan mereka memiliki pemahaman dan pengetahuan yang berbeda tentang firman Tuhan, maka dengan mengkomunikasikan kebenaran dengan saudara dan saudari dalam persekutuan, kita dapat memanfaatkan kekuatan satu sama lain untuk mengisi kekurangan kita sendiri dan kita akan memperoleh lebih banyak pencerahan. Kita memiliki sesuatu yang tidak kita mengerti ketika membaca firman Tuhan atau menghadapi beberapa kesulitan dalam hidup, ketika saudara-saudari berdoa kepada Tuhan dengan satu hati dan satu pikiran dan mencari kebenaran untuk menyelesaikannya bersama-sama, Roh Kudus akan bekerja di antara kita dan menuntun kita untuk menemukan jalan praktik dan dengan demikian pertumbuhan hidup kita akan lebih cepat.

Dapat dilihat bahwa menghadiri persekutuan adalah cara penting bagi kehidupan kita untuk bertumbuh. Tidak peduli seberapa sibuknya kita, kita harus meluangkan waktu untuk menghadiri persekutuan. Jika kita tidak sering menghadiri persekutuan atau mencari dan bersekutu tentang kebenaran dengan saudara dan saudari tetapi hanya sesekali berdoa dan membaca firman Tuhan ala kadarnya, kita tidak akan mudah mendapatkan pekerjaan Roh Kudus dan pertumbuhan hidup kita akan terhenti.

Dari komunikasi di atas, kita memahami pentingnya menghadiri persekutuan. Terlebih lagi, kita harus tahu bahwa kekayaan, ketenaran, kekayaan, status, dll... adalah godaan Iblis. Setelah kita dirusak oleh Iblis, racun-racun Iblis seperti "Manusia akan melakukan apa pun untuk menjadi kaya", "Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang" dan "Uang bukan segalanya, tetapi tanpa uang, engkau tidak bisa melakukan apa pun" telah mengakar kuat di hati kita, sehingga kita mencintai kekayaan, ketenaran, kekayaan, dan status. Kita tidak ragu-ragu untuk membayar harga apa pun demi kekayaan, ketenaran dan popularitas. Melalui keinginan kita, Iblis membuat kita terjerat dalam kekayaan, ketenaran, popularitas dan ikatan daging; mengganggu dan menghancurkan hubungan normal kita dengan Tuhan; sehingga kita menyimpang jauh dari Tuhan dan mengkhianati Tuhan, dan akhirnya dijerat sepenuhnya oleh Iblis. Ini adalah rencana licik dan niat jahat Iblis. Jika kita tidak dapat melihat melalui skema licik Iblis, sibuk mencari uang setiap hari, melindungi keluarga, dan mempertahankan hubungan interpersonal kita yang rumit tetapi tidak mengutamakan persekutuan, maka itu berarti kita hidup di bawah wilayah kekuasaan Iblis. Tidak hanya hati kita akan menjadi semakin gelap dan semakin kosong, tetapi juga pada akhirnya kita akan menyimpang jauh dari Tuhan dan mengkhianati Tuhan serta kembali ke dunia, sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kebenaran dan keselamatan. Jadi, kita harus sering menghadiri persekutuan dan lebih sering menyampaikan kebenaran kepada saudara-saudari. Hanya dengan cara ini kita dapat memahami lebih banyak kebenaran. Jika tidak, kita akan semakin jauh dari Tuhan dan dimangsa oleh Iblis pada akhirnya.

Catatan Editor

Setelah membaca artikel ini, saya berpikir Anda sekarang memahami pentingnya menghadiri persekutuan. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan kepada orang lain agar mereka juga memahami pentingnya menghadiri persekutuan dan memperhatikannya. Jika Anda memiliki kebingungan atau pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami dengan menggunakan tombol obrolan online di bagian bawah. Kami online 24 jam sehari, dan siap menjawab pertanyaan Anda.

Tinggalkan komentar